Monday, October 29, 2018

Cara membuat starter otomatis motor matic, ala kunci kontak mobil

Assalamualaikum wr.wb, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mmembua starter otomatis, starter otomatis??  Maksudnya gimana? Begini kalian tahu kunci  kontak mobil kan, starter nya  pake kunci, nah saya akan membuat mirip seperti itu di motor tanpa mengganti kunci kontak . Rangkaian nya sangat sederhana, komponen nya cuma 2 jd mudah membuat nya,  terus bagaimana cara kerja nya,??
Ketika kunci kontak di ON kan maka motor akan langsung menyala.
Komponen :
Relay 12v 5 kaki
Elko(kapasitor) 1000uf/25v

                        Skema starter otomatis


Gambar posisi kaki relay


Sebelum lanjut ke perakitan mari kita lihat skema nya di sini..
Selanjutnya kita pasang ples elko di kaki no 3,min elko dikaki no 1,setelah terpasang kita kasih kabel merah di ples elko dan kabel hitam di min elko. Selanjutnya no 2 kita kasih kabel warna bebas,kaki NC juga di kash kabel. Untuk pemasangan di motor  kaki no 2 kita sambung ke B flaser atau kunci kontak, kaki NC kita sambung ke soket starter yg out nya bukan yg dari soket rem. Klo min elko tentu nya udah pada tahu pasti ke body, untuk ples elko di sambung ke input soket lampu utama(motor sistem kelistrikan AC) untuk yg udah DC bisa ambil dari input CDI atau dari tegangan yg ikut nyala mesin(mesin hidup tegangan ada, mesin mati tegangan gk ad). Bagaimana cara kerja relay nya? Ketika kunci kontak di ON kan maka tegangan dari B flaser akan mengalir menuju bandix starter dan  menyalakan mesin. Ketika mesin menyala tegangan dari input saklar lampu utama tadi mengalir ke ples elko dan mengaktifkan relay, dengan begitu posisi com(2) yg tadinya di NC akan berpindah ke NO. Dengan pindah nya com(2) ke NO, maka tegangan ke bandix starter akan putus.

Baca juga:cara menyalakan motor dengan hp jadul

 Kalian bisa lihat tutorial nya  di channel youtube saya:

Tutorial pemasangan modul di motor :





Sekian dari saya semoga bermanfaat, terimakasih yg sudah membaca artikel. 
Wassalamualaikum wr.wb.. 

No comments:

Servis handphone

Sukabumi flasher menerima servis hp matitotal,hp mentoklogo,hapus kunci layar lupa sandi,lupa akun google,hapus samsung account,hapus a...